Interaksi Manusia dan Komputer : Software CCleaner

1. PENDAHULUAN


1.A. Latar Belakang


     Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukkan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

     Begitu juga terhadap aplikasi atau software pada komputer. Interaksi manusia terhadap software yang digunakan sangat penting untuk saling memahami antara satu sama lain seperti, bagaimana manusia menggunakan software tersebut dan bagaimana software tersebut dapat memenuhi apa yang diinginkan penggunanya. Selain kegunaan, penampilan software juga harus menarik agar para pengguna tidak terlalu bosan dengan penampilan yang standar saja.

1.B. Rumusan Masalah

       
       1. Apa itu software ?
       2. Apa kegunaan dari software tersebut ?
       3. Bagaimana penampilan software tersebut ?

1.C. Tujuan


       1. Menjelaskan secara umum tentang pengertian software
       2. Menjelaskan kegunaan dari software yang dijelaskan
       3. Mendeskripsikan penampilan dari software yang dijelaskan



2. TEORI


     Nama lain dari software adalah perangkan lunak. Karena disebut sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun dapat dioperasikan sebagai program dalam komputer.

     Pengertian software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software inilah komputer dapat menjalankan suatu perintah.

     Banyak sekali jenis-jenis software yang ada dalam komputer mulai dari software system, software bahasa, software aplikasi, software utility. Saya akan menjelaskan salah satu software aplikasi yang bernama CCleaner.

CCleaner
CCleaner adalah sebuah software gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry yang tidak terpakai dalam komputer. Program ini dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd. dan didesain untuk beroperasi pada sistem Microsoft Windows. Salah satu fitur penting dalam program ini adalah alat-alat untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat menggunakan internet. Program ini pun memiliki ukuran yang sangat kecil, yang memudahkan kita untuk mendapatkannya tanpa waktu lama dan juga tidak membebani komputer kita.







3. ANALISIS


3.A. Design

3.A.1. Design yang simple
     CCleaner adalah sebuah software yang tidak berbayar, jadi tidak memerlukan design yang cukup simple dan terlalu mewah atau mencolok seperti software berbayar pada umumnya. Namun karena designnya yg simple lah CCleaner cukup diminati oleh para pengguna komputer.
     Pada tampilan utama warna yg digunakan sebagai background yaitu abu-abu keputihan dengan icon gambar yang berwarna biru, warna yang tidak terlalu mencolok dan enak untuk dilihat para pengguna.

3.B. Kegunaan

     Kegunaan utama CCleaner yaitu :
1. Membersihkan cache, riwayat URL, dan hal-hal tidak berguna dari internet browser kita (IE, mozilla firefox, chrome, dsb)
2. Menghapus isi Recycle bin, log-log yang tidak diperlukan lagi, clipboard dan banyak jenis file yang tidak perlu yang tanpa kita sadari menumpuk dan berserakan di dalam folder system windows.
3. Membersihkan file-file dan riwayat pembukaan file dari banyak aplikasi lain, seperti Firefox, Opera, Safari, MediaPlayer, Microsoft Office, WinRar, dst
4. Memeriksa dan membersihkan registry windows dari bermacam-macam masalah yang sering ditinggalkan begitu saja oleh aplikasi atau bahkan oleh windows itu sendiri seperti Fonts, Share DLLs, Icons, Invalid Shortcut, Uninstallers, dsb.
5. Menguninstall software komputer yang sudah tidak digunakan hingga tuntas.
6. Memiliki banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia yang sangat memudahkan kita dalam menggunakan software tersebut lebih baik lagi.


4. REFERENSI


http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/CCleaner
http://afriduarchan.blogspot.com/2012/03/fungsi-ccleaner.html

Komentar

Postingan Populer