Rancangan Usulan Penelitian

ABSTRAK


Smarthome Sederhana Berbasis Arduino Uno menggunakan Bluetooth pada Smartphone
Pi. Sistem Komputer. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
Universitas Gunadarma 2016
Kata Kunci : Smarthome, Bluetooth, Arduino Uno.





Perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi (IPTEK) di era globalisasi sekarang berkembang sangat pesat. Hampir semua aspek sudah berhubungan dengan teknologi saat ini mulai dari transportasi, industri, hingga ke perumahan. Salah satu contoh perkembangan teknologi di perumahan yang sedang marak dibicarakan adalah Smart Home. Smart Home adalah sebuah sistem perumahan berbasis komputer yang akan memberikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan secara otomatis dan terprogram melalui komputer. Sistem ini dapat digunakan untuk hampir segala benda yang ada di perumahan, mulai dari lampu, kipas angin, AC, sampai pintu dan gerbang rumah. Smart home dapat dikendalikan melalui perintah suara dengan sinyal wireless atau menggunakan bluetooth. Dengan adanya layanan Smart Home dapat mengendalikan peralatan di rumah secara cepat dan efisien karena peralatan dapat dipakai dan diaktifkan dari segala tempat tanpa harus menghampiri peralatan tersebut, dan juga dapat mengaktifkan banyak peralatan sekaligus.
Penerapan sistem Smart Home pada perumahan di seluruh dunia termasuk Indonesia sudah mulai dilakukan belakangan ini, akan tetapi tidak semua kalangan dapat memasang sistem ini. Selain pemasangannya yang cukup rumit dan membutuhkan alat elektronika yang mendukung, biaya pemasangan sistem Smart Home terbilang cukup besar dilihat dari segi kesulitannya. Dengan adanya Prototype Smart Home menggunakan sensor suara melalui Android melalui media bluetooth berbasis Arduino Uno ini, diharapkan alat ini dapat dikembangkan dan digunakan untuk kalangan masyarakat umum agar dapat menikmati layanan Smart Home dengan biaya yang terjangkau.
Diharapkan Prototype ini dapat dikembangkan dan direalisasikan untuk kebutuhan masyarakat banyak sehingga masyarakat Indonesia dapat mengikuti perkembangan jaman.






Rincian Biaya


Untuk rincian biaya untuk Prototype smarthome ini adalah sebagai berikut :



  1. Arduino Uno = Rp. 100.000
  2. Kipas DC = Rp. 8.000
  3. LED = Rp. 2.000
  4. Motor DC = Rp. 25.000
  5. Jumper = Rp. 15.000
  6. Bluetooth Module HC-05 = Rp. 90.000
  7. IC L293D = Rp. 8.000
  8. Peralatan Pendukung = Rp. 30.000
          Total Harga = Rp. 278.000



Jadwal Pengerjaan

     Untuk jadwal pengerjaan PI ini dilakukan beberapa tahap. yaitu :

1.       Tahap Riset : Tahap ini dilakukan selama kurang lebih 2 minggu untuk mencari sumber-sumber yang dibutuhkan dalam pembuatan penelitian

2.       Tahap Simulasi : Tahap ini dilakukan selama 2-3 minggu untuk menguji alat agar dapat berjalan dengan baik

3.         Tahap Coding : Tahap ini dilakukan selama 3 minggu untuk memprogram alat agar dapat berfungsi seperti yang diinginkan

4.         Tahap Realisasi : Tahap ini dilakukan selama 1 bulan untuk mengimplementasikan alat ke dalam maket agar dapat di satukan dan di implementasikan.

Komentar

Postingan Populer